Selasa, 03 April 2012

Langkah-Langkah Bimbingan Kelompok

Oleh : Ajeng Ariningsun (101014243)

LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN
BIMBINGAN KELOMPOK
TOPIK : TUGAS

I.       TAHAP PEMBENTUKAN
1.      MENERIMA SECARA TERBUKA DAN MENGUCAPKAN TERIMA KASIH
2.      BERDOA
3.      MENJELASKAN BIMBINGAN KELOMPOK
4.      MENJELASKANTUJUAN BIMBINGAN KELOMPOK
5.      MENJELASKAN CARA PELAKSANAN BIMBINGAN KELOMPOK
6.      MENJELASAKAN ASAS-ASAS BIMBINGAN KELOMPOK
7.      PERKENALAN DILANJUKAN DENGAN PERMAINAN (RANGKAIN NAMA)

II. TAHAP PERALIHAN
8.      MENJELASAKAN KEMBALI KEGIATAN KELOMPOK
9.      TANYA JAWAB TENTANG KESIAPAN ANGGOTA UNTUK KEGIATAN LEBIH LANJUT
10.  MENGENALI SUASANA APABILA ANGGOTA SECARA KESELURUHAN/SEBAGIAN BELUM SIAP UNTUK MEMASUKI TAHAP BERIKUTNYA DAN MENGATASI SUASANA TERSEBUT
11.  MEMBERI CONTOH TOPIK BAHASAN YANG DIKEMUKAKAN DAN DIBAHAS DALAM KELOMPOK

III. TAHAP KEGIATAN
12.  PEMIMPIN KELOMPOK MENGEMUKAKAN TOPIK BAHASAN YANG TELAH DIPERSIAPKAN
13.  MENJELASKAN PENTINGNYA TOPIK TERSEBUT DIBAHAS DALAM KELOMPOK
14.  TANYA JAWAB TENTANG TOPIK YANG DIKEMUKAKAN PEMIMPIN KELOMPOK
15.  PEMBAHASAN TOPIK TERSEBUT SECARA TUNTAS
16.  S  E  L  I  N  G  A  N
17.  MENEGASKAN KOMITMEN PARA ANGGOTA KELOMPOK (APA YANG SEGERA DILAKUKAN BERKENAAN DENGAN TOPIK YANG TELAH DIBAHAS)

IV. TAHAP PENGAKHIRAN
18.  MENJELASAKAN BAHAWA KEGIATAN BIMBINGAN KELOMPOK AKAN DIAKHIRI
19.  ANGGOTA KELOMPOK MENGEMUKAKA KESAN DAN MENILAI KEMAJUAN YANG DICAPAI MASING-MASING
20.  PEMBAHASAN KEGIATAN LANJUTAN
21.  PESAN SERTA TANGGAPAN ANGGOTA KELOMPOK
22.  UCAPAN TERIMA KASIH
23.  BERDOA
24.  PERPISAHAN.


LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN
BIMBINGAN KELOMPOK
TOPIK : BEBAS

II.    TAHAP PEMBENTUKAN
1.      MENERIMA SECARA TERBUKA DAN MENGUCAPKAN TERIMA KASIH
2.      BERDOA
3.      MENJELASKAN BIMBINGAN KELOMPOK
4.      MENJELASKANTUJUAN BIMBINGAN KELOMPOK
5.      MENJELASKAN CARA PELAKSANAN BIMBINGAN KELOMPOK
6.      MENJELASAKAN ASAS-ASAS BIMBINGAN KELOMPOK
7.      PERKENALAN DILANJUKAN DENGAN PERMAINAN (RANGKAIN NAMA)

II. TAHAP PERALIHAN
8.      MENJELASAKAN KEMBALI KEGIATAN KELOMPOK
9.      TANYA JAWAB TENTANG KESIAPAN ANGGOTA UNTUK KEGIATAN LEBIH LANJUT
10.  MENGENALI SUASANA APABILA ANGGOTA SECARA KESELURUHAN/SEBAGIAN BELUM SIAP UNTUK MEMASUKI TAHAP BERIKUTNYA DAN MENGATASI SUASANA TERSEBUT
11.  MEMBERI CONTOH TOPIK BAHASAN YANG DIKEMUKAKAN DAN DIBAHAS DALAM KELOMPOK

III. TAHAP KEGIATAN
12.  MENJELASKAN TOPIK BAHASAN YANG HENDAK DIKEMUKAKAN OLEH ANGGOTA KELOMPOK
13.  MEMPERSILAHKAN ANGGOTA KELOMPOKMENGEMUKAKAN TOPIK SECARA BERGANTIAN
14.  MEMILIH/MENETAPKAN TOPIK YANG AKAN DIBAHAS TERLEBIH DAHULU
15.  PEMBAHASAN TOPIK TERPILIH SAMPAI TUNTAS
16.  S  E  L  I  N  G  A  N
17.  MENEGASKAN KOMITMEN PARA ANGGOTA KELOMPOK(APA YANG SEGERA DILAKUKAN BERKENAAN DENGAN TOPIK YANG TELAH DIBAHAS)

IV. TAHAP PENGAKHIRAN
18.  MENJELASAKAN BAHAWA KEGIATAN BIMBINGAN KELOMPOK AKAN DIAKHIRI
19.  ANGGOTA KELOMPOK MENGEMUKAKA KESAN DAN MENILAI KEMAJUAN YANG DICAPAI MASING-MASING
20.  PEMBAHASAN KEGIATAN LANJUTAN
21.  PESAN SERTA TANGGAPAN ANGGOTA KELOMPOK
22.  UCAPAN TERIMA KASIH
23.  BERDOA
24.  PERPISAHAN.



LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN
KONSELING KELOMPOK

I. TAHAP PEMBENTUKAN
1.      MENERIMA SECARA TERBUKA DAN MENGUCAPKAN TERIMA KASIH
2.      BERDOA
3.      MENJELSKAN PENGERTIAN KONSELING KELOMPOK
4.      MENJELASAKAN TUJUAN KONSELING KELOMPOK
5.      MENJELASAKAN CARA PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK
6.      MENJELASAKAN ASAS-ASAS KONSELING KELOMPOK
7.      MELAKSANAKAN PERKENALAN DILANJUTKAN RANGKAIAN NAMA

II. TAHAP PERALIHAN
8.      MENJELASAKAN KEMBALI KEGIATAN KONSELING KELOMPOK
9.      TANYA JAWAB TENTANG KESIAPAN ANGGOTA KELOMPOK UNTUK KEGIATA LEBIH LANJUT
10.  MENGENALI SUASAN APABILA ANGGOTA KELOMPOK SECARA KESELURUHA /SEBAGIAN BELUM SIAP UNTUK MEMASUKI TAHAP BERIKUTNYA, DAN MENGATASI SUASANA TERSEBUT
11.  MEMBERI CONTOH MASALAH PRIBADI YANG DAPAT DIKEMUKAKAN DAN DIBAHAS DALAM KELOMPOK

III. TAHAP KEGIATAN
12.  MENJELASKAN MASALAH PRIBADI YANG HENDAKNYA DIKEMUKAKAN OLEH ANGGOTA KELOMPOK.
13.  MEMPERSILAHKAN ANGGOTA UNTUK MENGEMUKAKAN MASALAH PRIBADI MASING-MASING SECARA BERGANTIAN
14.  MEMILIKI/MENETAPKAN MASALAH YANG AKAN DIBAHAS
15.  MEMBAHAS MASALAH TERPILIH SECARA TUNTAS
16.  S E L I N G A N
17.  MENEGASKAN KOMITMEN ANGGOTA YANG MASALAHNYA TELAH DIBAHAS ( APA YANG AKAN DILAKUKAN BERKENAAN ADANYA PEMBAHASAN DEMI TERENTASKAN MASALAHNYA )

IV. TAHAP PENGAKHIRAN
18.  MENJELASAKAN BAHAWA KONSELING KELOMPOK AKAN DIAKHIRI
19.  ANGGOTA MEMBERIKAN KESAN DAN MENILAI KEMJUAN YANG DICAPAI MASING-MASING
20.  PEMBAHASAN KEGIATAN LANJUTAN
21.  PESAN SERTA TANGGAPAN ANGGOTA
22.  UCAPAN TERIMA KASIH
23.  BERDOA
24.  PERPISAHAN

3 komentar:

  1. Menurut pendapat saya . Dari langkah-langkah bimbingan dan konseling kelompok yang telah dipaparkan diatas masih ada kekurangan dari segi sturukturing dan juga ada beberapa langkah yang seharusnya tidak lagi dilakukan dalam bimbingan dan konseling kelompok.
    kekurangannya dari langkah-langkah atau strukturingnya yang disebutkan diatas yaitu:
    1. Kontrak Tujuan
    Pada artikel tidak memasukkan Kontrak tujuan sebagai langkah-langkah pelaksanaan bimbingan dan konseling kelompok. Sedangkan tujuan dari kontrak tujuan ini agar semua anggota kelompok memiliki komitmen ingin berubah untuk mencapai tujuan bersama.
    Misalnya
    Konselor : Apa yang Anda harapkan dalam kegiatan Bimbingan kelompok ini.”
    Lukman : “ Saya berharap setelah saya mengikuti Bimbingan kelompok ini saya dapat diterima kembali dikelompok saya dan mengerti arti dari kerjasama.”
    Afri : “ Saya pun demikian Bu...”
    Fajri : “ Kalo saya Bu. Saya berharap setelah saya mengikuti Bimbingan kelompok ini saya dapat menyadari bahwa betapa pentingnya mempercayakan teman kita untuk memberikan tugas kelompok. Sehingga saya akan kembali disenangi oleh teman kelompok saya.”
    Ayu : “ Saya pun demikian Bu. Agar saya bisa kembali disenangi oleh teman sekelas saya. Sehingga teman sekelas saya mau memanggil saya untuk mengerjakan tugas kelompok.”
    Indah : “ Saya juga Bu ingin seperti yang teman-teman katakan.
    Konselor : “ Saya sangat mengapresiasi tujuan Anda mengikuti Bimbingan Kelompok ini. Dan Ibu akan berusaha untuk membantu anda untuk mendapatkan cara untuk mencapai tujuan Anak-anakku sekalian.
    2. Kontrak Waktu
    Pada artikel ini juga tidak memasukkan Kontrak waktu. Pada kontrak waktu ini penting agar antara konselor dan konseli memiliki kesepakatan berama lama waktu yang digunakan dalam melakukan layanan BK Kelompok.
    3. Peran
    Peran dalam artian anggota kelompok disini diberikan permainan peran seperti psikodrama atau sosiodrama, permainan simulasi. Yang bertujuan untuk melibatkan dan merasakan serta konseli dapat mengetahui dan memahami cara menyelesaikan permasalahannya.
    4. The brifing (refleksinya)
    Langkah-langkah yang ada diatas hanya anggota memberikan kesan dan menilai kemajuan yang dicapai masing-masing. Sedangkan sebaiknya konselor memberikan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan pada BK Kelompok.

    Selain itu menurut pendapat saya, di artikel ini langkah-langkah pelaksanaan BK Kelompok yang dipaparkan masih dilakukan identifikasi masalah yang dialami siswa seperti:
    • Menjelaskan masalah pribadi yang hendaknya dikemukakan oleh anggota kelompok.
    • mempersilahkan anggota untuk mengemukakan masalah pribadi masing-masing secara bergantian
    • Memiliki/menetapkan masalah yang akan dibahas
    • Membahas masalah terpilih secara tuntas.

    Sebaiknya pada saat melakukan BK Kelompok siswa atau konseli telah kita identifikasi masalahnya berdasarkan dari metode pengumpulan data seperti angket, sosiometri dan lain-lain. Sehingga dalam melaksanakan BK Kelompok yang harus dilakukan Konselor yaitu bagaimana caranya agar siswa dapat mengetahui cara menghadapi atau mengentaskan masalahnya.

    BalasHapus

Mengenai Saya

Foto saya
Teman-teman kami bilang kami ini kembar, padahal kenyataannya jauh berbeda. Kesamaan kami hanyalah kami sama-sama wanita, kami berasal dari daerah yang sama, kami dalam kelas yang sama, dan huruf awal nama kami sama-sama 'A".