LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN
BIMBINGAN KELOMPOK
TOPIK : TUGAS
I.
TAHAP PEMBENTUKAN
1.
MENERIMA SECARA TERBUKA DAN MENGUCAPKAN TERIMA KASIH
2. BERDOA
3. MENJELASKAN
BIMBINGAN KELOMPOK
4. MENJELASKANTUJUAN
BIMBINGAN KELOMPOK
5. MENJELASKAN
CARA PELAKSANAN BIMBINGAN KELOMPOK
6. MENJELASAKAN
ASAS-ASAS BIMBINGAN KELOMPOK
7. PERKENALAN
DILANJUKAN DENGAN PERMAINAN (RANGKAIN NAMA)
II. TAHAP PERALIHAN
8. MENJELASAKAN
KEMBALI KEGIATAN KELOMPOK
9. TANYA
JAWAB TENTANG KESIAPAN ANGGOTA UNTUK KEGIATAN LEBIH LANJUT
10. MENGENALI
SUASANA APABILA ANGGOTA SECARA KESELURUHAN/SEBAGIAN BELUM SIAP UNTUK MEMASUKI
TAHAP BERIKUTNYA DAN MENGATASI SUASANA TERSEBUT
11. MEMBERI
CONTOH TOPIK BAHASAN YANG DIKEMUKAKAN DAN DIBAHAS DALAM KELOMPOK
III. TAHAP KEGIATAN
12. PEMIMPIN
KELOMPOK MENGEMUKAKAN TOPIK BAHASAN YANG TELAH DIPERSIAPKAN
13. MENJELASKAN
PENTINGNYA TOPIK TERSEBUT DIBAHAS DALAM KELOMPOK
14. TANYA JAWAB
TENTANG TOPIK YANG DIKEMUKAKAN PEMIMPIN KELOMPOK
15. PEMBAHASAN
TOPIK TERSEBUT SECARA TUNTAS
16. S E
L I N
G A N
17. MENEGASKAN
KOMITMEN PARA ANGGOTA KELOMPOK (APA YANG SEGERA DILAKUKAN BERKENAAN DENGAN
TOPIK YANG TELAH DIBAHAS)
IV. TAHAP PENGAKHIRAN
18. MENJELASAKAN
BAHAWA KEGIATAN BIMBINGAN KELOMPOK AKAN DIAKHIRI
19. ANGGOTA
KELOMPOK MENGEMUKAKA KESAN DAN MENILAI KEMAJUAN YANG DICAPAI MASING-MASING
20. PEMBAHASAN
KEGIATAN LANJUTAN
21. PESAN SERTA
TANGGAPAN ANGGOTA KELOMPOK
22. UCAPAN
TERIMA KASIH
23. BERDOA
24. PERPISAHAN.
LANGKAH-LANGKAH
PELAKSANAAN
BIMBINGAN KELOMPOK
TOPIK : BEBAS
II.
TAHAP PEMBENTUKAN
1.
MENERIMA SECARA TERBUKA DAN MENGUCAPKAN TERIMA KASIH
2. BERDOA
3. MENJELASKAN
BIMBINGAN KELOMPOK
4. MENJELASKANTUJUAN
BIMBINGAN KELOMPOK
5. MENJELASKAN
CARA PELAKSANAN BIMBINGAN KELOMPOK
6. MENJELASAKAN
ASAS-ASAS BIMBINGAN KELOMPOK
7. PERKENALAN
DILANJUKAN DENGAN PERMAINAN (RANGKAIN NAMA)
II. TAHAP PERALIHAN
8. MENJELASAKAN
KEMBALI KEGIATAN KELOMPOK
9. TANYA
JAWAB TENTANG KESIAPAN ANGGOTA UNTUK KEGIATAN LEBIH LANJUT
10. MENGENALI
SUASANA APABILA ANGGOTA SECARA KESELURUHAN/SEBAGIAN BELUM SIAP UNTUK MEMASUKI
TAHAP BERIKUTNYA DAN MENGATASI SUASANA TERSEBUT
11. MEMBERI
CONTOH TOPIK BAHASAN YANG DIKEMUKAKAN DAN DIBAHAS DALAM KELOMPOK
III. TAHAP KEGIATAN
12. MENJELASKAN
TOPIK BAHASAN YANG HENDAK DIKEMUKAKAN OLEH ANGGOTA KELOMPOK
13. MEMPERSILAHKAN
ANGGOTA KELOMPOKMENGEMUKAKAN TOPIK SECARA BERGANTIAN
14. MEMILIH/MENETAPKAN
TOPIK YANG AKAN DIBAHAS TERLEBIH DAHULU
15. PEMBAHASAN
TOPIK TERPILIH SAMPAI TUNTAS
16. S E L I
N G A N
17. MENEGASKAN
KOMITMEN PARA ANGGOTA KELOMPOK(APA YANG SEGERA DILAKUKAN BERKENAAN DENGAN TOPIK
YANG TELAH DIBAHAS)
IV. TAHAP PENGAKHIRAN
18. MENJELASAKAN
BAHAWA KEGIATAN BIMBINGAN KELOMPOK AKAN DIAKHIRI
19. ANGGOTA
KELOMPOK MENGEMUKAKA KESAN DAN MENILAI KEMAJUAN YANG DICAPAI MASING-MASING
20. PEMBAHASAN
KEGIATAN LANJUTAN
21. PESAN SERTA
TANGGAPAN ANGGOTA KELOMPOK
22. UCAPAN
TERIMA KASIH
23. BERDOA
24. PERPISAHAN.
LANGKAH-LANGKAH
PELAKSANAAN
KONSELING KELOMPOK
I. TAHAP PEMBENTUKAN
1. MENERIMA
SECARA TERBUKA DAN MENGUCAPKAN TERIMA KASIH
2. BERDOA
3. MENJELSKAN
PENGERTIAN KONSELING KELOMPOK
4. MENJELASAKAN
TUJUAN KONSELING KELOMPOK
5. MENJELASAKAN
CARA PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK
6. MENJELASAKAN
ASAS-ASAS KONSELING KELOMPOK
7. MELAKSANAKAN
PERKENALAN DILANJUTKAN RANGKAIAN NAMA
II. TAHAP PERALIHAN
8. MENJELASAKAN
KEMBALI KEGIATAN KONSELING KELOMPOK
9. TANYA
JAWAB TENTANG KESIAPAN ANGGOTA KELOMPOK UNTUK KEGIATA LEBIH LANJUT
10. MENGENALI
SUASAN APABILA ANGGOTA KELOMPOK SECARA KESELURUHA /SEBAGIAN BELUM SIAP UNTUK
MEMASUKI TAHAP BERIKUTNYA, DAN MENGATASI SUASANA TERSEBUT
11. MEMBERI
CONTOH MASALAH PRIBADI YANG DAPAT DIKEMUKAKAN DAN DIBAHAS DALAM KELOMPOK
III. TAHAP KEGIATAN
12. MENJELASKAN
MASALAH PRIBADI YANG HENDAKNYA DIKEMUKAKAN OLEH ANGGOTA KELOMPOK.
13. MEMPERSILAHKAN
ANGGOTA UNTUK MENGEMUKAKAN MASALAH PRIBADI MASING-MASING SECARA BERGANTIAN
14. MEMILIKI/MENETAPKAN
MASALAH YANG AKAN DIBAHAS
15. MEMBAHAS
MASALAH TERPILIH SECARA TUNTAS
16. S E L I N G
A N
17. MENEGASKAN
KOMITMEN ANGGOTA YANG MASALAHNYA TELAH DIBAHAS ( APA YANG AKAN DILAKUKAN
BERKENAAN ADANYA PEMBAHASAN DEMI TERENTASKAN MASALAHNYA )
IV. TAHAP PENGAKHIRAN
18. MENJELASAKAN
BAHAWA KONSELING KELOMPOK AKAN DIAKHIRI
19. ANGGOTA
MEMBERIKAN KESAN DAN MENILAI KEMJUAN YANG DICAPAI MASING-MASING
20. PEMBAHASAN
KEGIATAN LANJUTAN
21. PESAN SERTA
TANGGAPAN ANGGOTA
22. UCAPAN
TERIMA KASIH
23. BERDOA
24. PERPISAHAN
Menurut pendapat saya . Dari langkah-langkah bimbingan dan konseling kelompok yang telah dipaparkan diatas masih ada kekurangan dari segi sturukturing dan juga ada beberapa langkah yang seharusnya tidak lagi dilakukan dalam bimbingan dan konseling kelompok.
BalasHapuskekurangannya dari langkah-langkah atau strukturingnya yang disebutkan diatas yaitu:
1. Kontrak Tujuan
Pada artikel tidak memasukkan Kontrak tujuan sebagai langkah-langkah pelaksanaan bimbingan dan konseling kelompok. Sedangkan tujuan dari kontrak tujuan ini agar semua anggota kelompok memiliki komitmen ingin berubah untuk mencapai tujuan bersama.
Misalnya
Konselor : Apa yang Anda harapkan dalam kegiatan Bimbingan kelompok ini.”
Lukman : “ Saya berharap setelah saya mengikuti Bimbingan kelompok ini saya dapat diterima kembali dikelompok saya dan mengerti arti dari kerjasama.”
Afri : “ Saya pun demikian Bu...”
Fajri : “ Kalo saya Bu. Saya berharap setelah saya mengikuti Bimbingan kelompok ini saya dapat menyadari bahwa betapa pentingnya mempercayakan teman kita untuk memberikan tugas kelompok. Sehingga saya akan kembali disenangi oleh teman kelompok saya.”
Ayu : “ Saya pun demikian Bu. Agar saya bisa kembali disenangi oleh teman sekelas saya. Sehingga teman sekelas saya mau memanggil saya untuk mengerjakan tugas kelompok.”
Indah : “ Saya juga Bu ingin seperti yang teman-teman katakan.
Konselor : “ Saya sangat mengapresiasi tujuan Anda mengikuti Bimbingan Kelompok ini. Dan Ibu akan berusaha untuk membantu anda untuk mendapatkan cara untuk mencapai tujuan Anak-anakku sekalian.
2. Kontrak Waktu
Pada artikel ini juga tidak memasukkan Kontrak waktu. Pada kontrak waktu ini penting agar antara konselor dan konseli memiliki kesepakatan berama lama waktu yang digunakan dalam melakukan layanan BK Kelompok.
3. Peran
Peran dalam artian anggota kelompok disini diberikan permainan peran seperti psikodrama atau sosiodrama, permainan simulasi. Yang bertujuan untuk melibatkan dan merasakan serta konseli dapat mengetahui dan memahami cara menyelesaikan permasalahannya.
4. The brifing (refleksinya)
Langkah-langkah yang ada diatas hanya anggota memberikan kesan dan menilai kemajuan yang dicapai masing-masing. Sedangkan sebaiknya konselor memberikan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan pada BK Kelompok.
Selain itu menurut pendapat saya, di artikel ini langkah-langkah pelaksanaan BK Kelompok yang dipaparkan masih dilakukan identifikasi masalah yang dialami siswa seperti:
• Menjelaskan masalah pribadi yang hendaknya dikemukakan oleh anggota kelompok.
• mempersilahkan anggota untuk mengemukakan masalah pribadi masing-masing secara bergantian
• Memiliki/menetapkan masalah yang akan dibahas
• Membahas masalah terpilih secara tuntas.
Sebaiknya pada saat melakukan BK Kelompok siswa atau konseli telah kita identifikasi masalahnya berdasarkan dari metode pengumpulan data seperti angket, sosiometri dan lain-lain. Sehingga dalam melaksanakan BK Kelompok yang harus dilakukan Konselor yaitu bagaimana caranya agar siswa dapat mengetahui cara menghadapi atau mengentaskan masalahnya.
Terimakasih infonya
BalasHapusTerimakasih informasinya
BalasHapus