Oleh: Anjar Raharyanti (101014056)
Kejenuhan ialah padat
atau penuh sehingga tidak mampu lagi memuat apapun. Jadi kejenuhan belajar
ialah rentang waktu tertentu yang digunakan untuk belajar tetapi tidak
mendatangkan hasil (Reber 1988). Faktor-faktor yang mempengaruhinya yaitu :
a.
Siswa yang telah kehilangan motivasi dan kehilangan konsolidasi salah satu
tingkat keterampilan tertentu sebelum siswa tertentu sampai pada tingkat
keterampilan berikutnya (Chaplin, 1972).
b.
Kejenuhan dapat juga terjadi karena proses belajar siswa telah sampai pada
batas kemampuan jasmaniahnya karena bosan (borring) dan keletihan (fatigue).
Menurut Cross (1974) dalam bukunya
The Psycology of Learning, keletihan siswa dapat diketegorikan menjadi : 1)
keletihan indra siswa, 2) keletihan fisik siswa, 3) keletihan mental siswa.
Keletihan indra dan fisik siswa dapat dihilangkan dengan mudah dengan
beristirahat dengan cukup. Tetapi keletihan mental tidak mudah mengatasinya.
(Cross, The Psycology of Learning, 1974)
Kiat-kiat untuk mengatasi keletihan
mental yang menyebabkan kejenuhan belajar, yaitu :
a.
Melakukan istirahat dan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dengan
takaran yang cukup banyak.
b.
Pengubahan atau penjadwalan kembal jam-jam dari hari-hari belajar yang dianggap
lebih memungkinkan siswa belajar lebih giat.
c.
Pengubahan atau penataan kembali lingkungan belajar siswa
d.
Memberikan motivasi dan stimulus baru agar siswa merasa terdorong untuk belajar
lebih giat daripada sebelumnya.
Siswa
harus berbuat nyata (tidak menyerah atau tinggal diam) dengan cara mencoba
belajar dan belajar lagi.
Penyebab
Kejenuhan Belajar
Nah loh, ini dia nih yang ngebikin semua guru jadi cemberut sampe
bibir pade manyun. Gimana gag pada manyun tuh guru, wong siswanya kagag pada
semangat alias lagi pada Bete’. Kejenuhan dalam belajar siswa sama saja dengan
kejenuhan kegiatan yang laennya.
Kejenuhan itu pada umumnya dikarenakan dalam suatu prosesnya yang
dalam hal ini belajar siswa monoton (kagag bervariasi) atawa gaya belajarnya
yang itu-itu aja. Emang sih, dari dulu ampe sekarang gaya belajar kita kagag
ada perubahan, yang kita juga ngerasain sendiri dah gimana rasanya waktu kite
sekoleh dulu..sama khan..!! BT..BT..Akhhh,, Udah tau kaya gitu eehhh ngapa kita
ikutin tuh gayanya…capec dec!!! Mustinya kita selaku kaum muda yang udah
ngerasain gimana perasaan BT kite dulu, jangan ampe ngelakuin yang sama pula
saat kite ngajarin anak didik kite sekarang.
yang jadi faktor penyebab kenapa anak sering sekali jenuh dalam
belajar yakni:
1. Metode Belajar tidak bervariasi
Seringkali kita gag sadar bahwa cara belajar mereka dari SD sampai
Perguruan Tinggi gag berubah-berubah. Misalnya, cara mempelajari cara hafalan,
gag sedikit dari kita yang membaca langsung dari buku. Contoh lainnya dalam belajar
ilmu pasti yang dilakukan dengan cara ngafalin rumus-rumus yang dibuku, dan
ngafalin contoh-contoh soal yang tertulis di buku. Cara belajar yang kayak gini
nih udah dari SD dilakonin. Ada lagi nih cara belajar yang dari SD sampe
Perguruan Tinggi kagag berubah, belajar kalo besoknya Ujian. ,,
2. Belajar hanya ditempat tertentu
Belajar hanya ditempat tertentu dengan kondisi ruang yang itu-itu
aja, seperti posisi meja, kursi, keadaan dinding dan kawan-kawannya yg tidak
berubah-rubah bisa ngebikin kite jenuh…so pasti!!! Bahkan bukan cuman bikin
jenuh, kalo kite coba belajar di tempat yang belum kita coba sebelumnya
misalnya belajar dilapangan tanpa meja, kursi, dinding, atap, dkk, sebagian
kecil atawa sebagian besar ilmu yang kite serap, ludes begitu aje dari pikiran
pada saat kite ujian.
3. Suasana Belajar yang gag pernah berubah-ubah
Kite semua juga tau, pada dasarnya kite semua punya cara bagaimana
belajar yg cocok buat kite sendiri. Yang terpenting musti nyesuain dari
prinsip-prinsip belajar. Sama halnya dengan suasana belajar, kite semua butuh
yang namanya suasana yang beda, sesuai dengan kepengenan kite. Tentu aje
pastinya kite butuh suasana lingkungan sekitar yang ngebikin pikiran kite
tenang. Bukan berarti dengan lingkungan yang tenang ngebikin pikiran kite juga
tenang., ada lebih dari 40% orang dalam belajarnya pikirannya kagag tenang kalo
lingkungannya sepi. malah mereka anggap kalo sepi ngebikin mereka tegang, yang
ada malah stresss…!!!asal jgn ampe bunuh diri aje tuh orang, haha…!!! Jadi
jelas, bahwa setenang apapun ruang belajar kite, belum tentu menunjang
keberhasilan dalam belajar.
4. Kurang Aktivitas Hiburan atawa Rekreasi
Seperti halnya fisik atawa badan kite, proses berpikir yang
merupakan aktivitas mental saat kite belajar dapat mengalami kelelahan, dan
kelelahan itu pun butuh yang namanya istirahat dan penyegaran atawa bahasa
kerennya refreshing (cieee gaya lo cing..!!!). Sebenarnya aktivitas belajar itu
banyak menyita energi mental. Rasa lelah bukan cuma dirasain sama mental atawa
pikiran aje, tapi juga terasa di semua organ tubuh kite…(ampun DJ..!!!). Kalo
di idup kite ini cuman dipenuhin ama yang namanya belajar tanpa diimbangin
hiburan (rekreatif) dan penyegaran (refreshing), bisa jadi kite akan mengalamin
gejala kelelahan mental yang berat dan berlarut-larut. Jadi Kelelahan model
kayak gitu yang sering disebut kejenuhan. Kejenuhan tersebut dirasakan dalam
bentuk gejala timbulnya rasa enggan, males, lesu, kagag semangat atawa kurang
gairah dalam belajar, walaupun kite masih punya kemauan yang cukup kuat dalam
belajar. Namun apadaya pala gue udah panas kayak gini, masih aja diterusin tuh
belajarnya…(ampun DJ..!!!). Makanya kreatif dikit, istirahat dulu ngapa
buru-buru amat belajarnya udah kayak di udak-udak depkolektor aje…!!!?? mending
ngehibur kite aje biar fresh,, cerita, ngelawak, ngelucu, atawa kasih permainan
ngapa (jadi topeng monyet jg gag apa-apa, he3x..!!!)
Udah tuh, sedikit uraian tentang masalah kejenuhan belajar siswa.
Yang kepingin idup kite selalu BT atawa bosen terusin aja cara yang biasa kita
lakuin ke siswa. Kalo kagag mo, yaudah mending dari sekarang ubah cara ngajar
anda. Ngajar musti variasi, sekali-sekali belajar ditempat yang berbeda atawa
posisi meja dan kursi dirubah, buat suasana lebih menarik suasana yang tenang
bukan berarti pikiran juga tenang malahan bisa bikin tegang, dan beri sedikit
istirahat dan hiburan yang akan mendinginkan kepala anak.
Atasi Kejenuhan
Belajar
APABILA
kejenuhan belajar telah mendera siswa, biasanya meski waktu yang digunakan
untuk belajar cukup lama, hasilnya tidak optimal. Ini sangat wajar sebab sistem
otaknya tak dapat bekerja sebagaimana yang diharapkan.
Kemajuan
belajar siswa yang mengalami kejenuhan seakan berjalan di tempat. Jika
kejenuhan ini digambarkan dalam bentuk kurva, akan tampak garis mendatar yang
lazim disebut sebagai plateau. Maka, kejenuhan belajar ini kerap pula disebut
dengan learning plateau.
Pada
umumnya, kejenuhan belajar tak berlangsung selamanya namun hanya terjadi dalam
rentang waktu tertentu, misalnya sehari, dua hari, atau sepekan. Bila
mengetahui siswanya mengalami kejenuhan, guru seharusnya memberikan saran.
Di
antaranya, memotivasi siswa dan menganjurkan untuk istirahat dari kegiatan yang
melelahkan, mengonsumsi makanan dan minuman bergizi, mengubah jam belajar, dan
menata kembali lingkungan belajar.
Saat
berupaya menata kembali lingkungan belajar, guru perlu pula mengubah berbagai
strategi dalam mengajar. Tujuannya agar para siswa bisa kembali belajar dengan
lebih baik dan tidak terus-menerus terjebak dalam kondisi plateau
Salah satu caranya adalah melakukan pembelajran aktif, kreatif, dan menyenangkan (Pakem). Berarti guru harus menciptakan suasana agar siswa terdorong untuk aktif bertanya dan mengemukakan gagasan.
Perhatian
Dengan demikian maka siswa akan terlibat dalam proses pembelajaran bukan proses
pasif yang hanya menerima kucuran ceramah guru tentang pengetahuan yang
biasanya lebih
cepat membosankan. Peran aktif ini nantinya akan melahirkan sikap kreatif.
cepat membosankan. Peran aktif ini nantinya akan melahirkan sikap kreatif.
Selanjutnya,
kondisi aktif dan kreatif ini perlu didukung dengan suasana yang menyenangkan.
Saat yang menyenangkan akan mendorong siswa memberikan
perhatian penuh pada pelajaran.
perhatian penuh pada pelajaran.
Menurut
penelitian, tingginya perhatian terbukti meningkatkan hasil belajar. Namun,
keadaan aktif, kreatif, dan menyenangkan tidaklah cukup jika proses
pembelajaran tidak efektif, yaitu tidak menghasilkan apa yang harus dikuasai
siswa setelah proses pembelajaran berlangsung.
Pembelajaran memiliki sejumlah tujuan. Apabila Pakem terhimpun dalam satu pembelajaran komprehensif yang telah dirancang oleh guru, kejenuhan yang dirasakan siswa akan mulai pudar seiring dengan semakin aktif dan senangnya para siswa untuk belajar.
Pembelajaran memiliki sejumlah tujuan. Apabila Pakem terhimpun dalam satu pembelajaran komprehensif yang telah dirancang oleh guru, kejenuhan yang dirasakan siswa akan mulai pudar seiring dengan semakin aktif dan senangnya para siswa untuk belajar.
Lukman
Riskikhtiarno, guru Madrasah Aliyah Negeri Batang
sumber
: Suara Merdeka
Psychology Education: Pengertian Lupa dan
Kejenuhan
Lupa (forgetting) ialah hilangnya kemampuan untuk menyebut atau
memproduksi kembali apa-apa yang sebelumnya telah kita pelajari. Gulo (1982)
dan Reber (1988) mendefinisikan lupa sebagai ketidakmampuan mengenal atau
mengingat sesuatu yang pernah dipelajari atau dialami. Jadi lupa bukanlah
peristiwa hilangnya item informasi dan pengetahuan dari akal kita.
1.
Faktor-faktor Penyebab Lupa
a.
Lupa dapat terjadi karena gangguan konflik antara item-item informasi atau
materi yang ada dalam sistem memori siswa. Gangguan konflik ini terbagi menjadi
dua yaitu:
Gangguan
proaktif (Proactive interference) yaitu apabila materi pelajaran lama yang
sudah tersimpan dalam subsistem akal permanennya mengganggu masuknya materi
pelajaran baru. Ini terjadi jika siswa mempelajari materi yang mirip dengan
materi pelajaran yang telah dikuasainya dalam tenggang waktu yang pendek.
(Psychology Education, 2002)
Ganguan
retroaktif (retroactive interference) yaitu apabila materi pelajaran baru
membawa konflik dan gangguan terhadap pemanggilan kembali materi pelajaran lama
yang telah lebih dahulu tersimpan dalam subsistem akal permanen siswa. Jadi
materi pelajaran lama akan sangat sulit diingat atau diproduksi kembali,
sehingga siswa tersebut lupa. (Psychology Education, 2002)
b.
Lupa dapat terjadi pada seseorang siswa karena adanya tekanan terhadap item
yang telah ada, baik sengaja ataupun tidak. Penekanan ini dapat terjadi karena
item informasi yang berupa pengetahuan tanggapan atau kesan dan sebagainya yang
diterima siswa kurang menyenangkan, sehingga ia dengan sengaja menekannya
sehingga ke alam ketidaksadaran.
c.
Lupa dapat terjadi pada siswa karena perubahan situasi lingkungan antara waktu
belajar dengan waktu mengingat kembali (Andreson 1990). Jika siswa belajar
hanya dengan mengenal melalui keterangan atau gambar saja, maka jika siswa
menemui yang telah dipelajarinya, mereka akan lupa.
d.
Lupa dapat terjadi karena perubahan sikap dan minat siswa terhadap proses dan
situasi belajar tertentu. Jadi, jika siswa telah mengikuti proses
belajar-mengajar dengan tekun dan serius, karena hanya tidak suka dengan
gurunya maka materi pelajarannya akan terlupakan.
e.
Lupa dapat terjadi karena materi pelajaran yang telah dikuasai tidak pernah
digunakan atau dihafalkan siswa (Hilgard & Bower 1975)
f.
Lupa tentu saja dapat tejadi karena perubahan urat syaraf otak.
2.
Kiat Mengurangi Lupa
Menurut Barlow (1985), Reber (1988),
dan Anderson (1990), kiat untuk mengurangi lupa yaitu :
a.
Overlearning (belajar lebih) artinya upaya belajar yang melebihi batas
penguasaan dasar atas materi pelajaran tertentu. Ini terjadi apabila respons
atau reaksi tertentu muncul setelah siswa melakukan pembelajaran atas respon
tersebut dengan cara diluar kebiasaan
b.
Extra study time (tambahan waktu belajar) ialah upaya penambahan alokasi
waktu belajar atau penambahan frekuensi (kekerapan) aktivitas belajar.
c.
Mnemonic device (muslihat memori) berarti kiat khusus yang diterjadikan
“alat pengait” mental untuk memasukkan item-item informasi ke dalam sistem akal
siswa.
d.
Clustering (pengelompokan) ialah menata ulang item-item materi menjadi
kelompok-kelompok kecil yang dianggap lebih logis dalam arti bahwa item-item
tersebut memiliki signifikansi dan lafal yang sama atau sangat mirip. Misalnya
daftar I mengelompokkan daftar nama-nama negara, daftar II singkatan lembaga
negara, dan daftar III singkatan nama-nama lembaga internasional.
e.
Distributed practive (latihan terbagi) adalah latihan terkumpul
yang sudah dianggap tidak efektif karena mendorong siswa melakukan cramming,
yakni belajar banyak meteri secara tergesa-gesa dalam waktu yan singkat.
f.
The serial position effect (pengaruh letak bersambung) untuk memperoleh
efek yang positif siswa dianjurkan menyusun daftar kata-kata (nama, istilah
dsb) yang diawali dan diakhiri dengan kata-kata yang harus diingat.
LAPORAN HASIL OBSERVASI
MASALAH BELAJAR : BURNOUT (KEJENUHAN)
DI SMP NEGERI 1 KAWALI
1.
Pendahuluan
1.
Definisi Masalah Belajar
Masalah adalah ketidaksesuaian antara
harapan dengan kenyataan, ada yang melihat sebagai tidak terpenuhinya kebutuhan
seseorang, dan ada pula yang mengartikannya sebagai suatu hal yang tidak
mengenakan. Prayitno (1985) mengemukakan bahwa masalah adalah sesuatu yang
tidak disukai adanya, menimbulkan kesulitan bagi diri sendiri dan atau orang
lain, ingin atau perlu dihilangkan. Sedangkan menurut pengertian secara
psikologis, belajar merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan dalam
tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi
kebutuhan hidupnya. Pengertian belajar dapat didefinisikan "Belajar ialah
sesuatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah
laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu
sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya".
"Belajar adalah proses
perubahan pengetahuan atau perilaku sebagai hasil dari pengalaman. Pengalaman
ini terjadi melalui interaksi antara individu dengan lingkungannya" ( nita
E, Wool Folk, 1995 : 196).
Menurut (Garry dan Kingsley, 1970 :
15) "Belajar adalah proses tingkah laku (dalam arti luas),
ditimbulkan atau diubah melalui praktek dan latihan".
Sedangkan menurut Gagne (1984: 77)
bahwa "belajar adalah suatu proses dimana suatu organisasi berubah
perilakunya sebagai akibat pengalaman". Dari definisi masalah dan belajar
maka masalah belajar dapat diartikan atau didefinisikan sebagai berikut :
"Masalah belajar adalah suatu
kondisi tertentu yang dialami oleh murid dan menghambat kelancaran proses yang
dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru
secara keseluruhan".
2.
Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya
Masalah Belajar
Kesulitan belajar ini merupakan suatu
gejala yang nampak dalam berbagai jenis pernyataan (manifestasi). Karena guru
bertanggung jawab terhadap proses belajar-mengajar, maka ia seharusnya memahami
manifestasi gejala-gejala kesulitan belajar. Pemahaman ini merupakan dasar
dalam usaha memberikan bantuan kepada murid yang mengalami kesulitan belajar.
Pada dasarnya dari setiap jenis-jenis
masalah, khususnya dalam masalah belajar, cenderung bersumber dari
faktor-faktor yang melatarbelakanginya ( penyebabnya ). Seorang guru setelah
mengetahui siapa murid yang bermasalah dalam belajar serta jenis masalah apa
yang dihadapinya. Selanjutnya guru dapat melaksanakan tahap berikutnya, yaitu
mencari sebab-sebab terjadinya masalah yang dialami murid dalam belajar.
Meskipun seorang guru tidak mudah menentukan sebab-sebab terjadi masalah yang
sesungguhnya, karena masalah belajar cenderung sangat kompleks.
Pada garis besarnya sebab-sebab
timbulnya masalah belajar pada murid dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori
yaitu :
·
Faktor-faktor Internal (faktor-faktor
yang berada pada diri murid itu sendiri), antara lain:
1.
Gangguan secara fisik, seperti kurang
berfungsinya organ-organ perasaan, alat bicara, gangguan panca indera, cacat
tubuh, serta penyakit menahan ( alergi, asma, dan sebagainya ).
2.
Ketidakseimbangan mental ( adanya
gangguan dalam fungsi mental ), pertimenampakkan kurangnya kemampuan mental,
taraf kecerdasannya cenderung kurang.
3.
Kelemahan emosional, seperti merasa
tidak aman, kurang bisa menyesuaikan diri (maladjustment ), tercekam rasa
takut, benci, dan antipati serta ketidakmatangan emosi.
4.
Kelemahan yang disebabkan oleh
kebiasaan dan sikap salah seperti kurang perhatian dan minat terhadap pelajaran
sekolah, malas dalam belajar, dan sering bolos atau tidak mengikuti pelajaran.
·
Faktor Eksternal (faktor-faktor yang
timbul dari luar diri individu), yaitu berasal dari :
1.
Sekolah, antara lain :
1.
Sifat kurikulum yang kurang fleksibel
2.
Terlalu berat beban belajar (murid)
dan atau mengajar (guru)
3.
Metode mengajar yang kurang memadai
4.
Kurangnya alat dan sumber untuk
kegiatan belajar
2.
Keluarga (rumah), antara lain :
1.
Keluarga tidak utuh atau kurang
harmonis.
2.
Sikap orang tua yang tidak
memperhatikan pendidikan anaknya
3.
Keadaan ekonomi.
1.
Jenis-jenis Masalah Belajar
Di bawah ini akan diuraikan beberapa jenis masalah belajar siswa :
1.
Learning Disorder
atau kekacauan belajar adalah keadaan dimana proses belajar seseorang terganggu karena timbulnya respons yang bertentangan. Pada dasarnya, yang mengalami kekacauan belajar, potensi dasarnya tidak dirugikan, akan tetapi belajarnya terganggu atau terhambat oleh adanya respons-respons yang bertentangan, sehingga hasil belajar yang dicapainya lebih rendah dari potensi yang dimilikinya. Contoh : siswa yang sudah terbiasa dengan olah raga keras seperti karate, tinju dan sejenisnya, mungkin akan mengalami kesulitan dalam belajar menari yang menuntut gerakan lemah-gemulai.
atau kekacauan belajar adalah keadaan dimana proses belajar seseorang terganggu karena timbulnya respons yang bertentangan. Pada dasarnya, yang mengalami kekacauan belajar, potensi dasarnya tidak dirugikan, akan tetapi belajarnya terganggu atau terhambat oleh adanya respons-respons yang bertentangan, sehingga hasil belajar yang dicapainya lebih rendah dari potensi yang dimilikinya. Contoh : siswa yang sudah terbiasa dengan olah raga keras seperti karate, tinju dan sejenisnya, mungkin akan mengalami kesulitan dalam belajar menari yang menuntut gerakan lemah-gemulai.
2.
Learning Disfunction merupakan
gejala dimana proses belajar yang dilakukan siswa tidak berfungsi dengan baik,
meskipun sebenarnya siswa tersebut tidak menunjukkan adanya subnormalitas
mental, gangguan alat indera, atau gangguan psikologis lainnya. Contoh : siswa
yang yang memiliki postur tubuh yang tinggi atletis dan sangat cocok menjadi
atlet bola volley, namun karena tidak pernah dilatih bermain bola volley, maka
dia tidak dapat menguasai permainan volley dengan baik.
3.
Under Achiever mengacu kepada
siswa yang sesungguhnya memiliki tingkat potensi intelektual yang tergolong di
atas normal, tetapi prestasi belajarnya tergolong rendah. Contoh : siswa yang
telah dites kecerdasannya dan menunjukkan tingkat kecerdasan tergolong sangat
unggul (IQ = 130 – 140), namun prestasi belajarnya biasa-biasa saja atau malah
sangat rendah.
4.
Slow Learner atau lambat
belajar adalah siswa yang lambat dalam proses belajar, sehingga ia membutuhkan
waktu yang lebih lama dibandingkan sekelompok siswa lain yang memiliki taraf
potensi intelektual yang sama.
5.
Learning Disabilities atau
ketidakmampuan belajar mengacu pada gejala dimana siswa tidak mampu belajar
atau menghindari belajar, sehingga hasil belajar di bawah potensi intelektualnya.
Beberapa perilaku yang merupakan manifestasi gejala kesulitan belajar, antara
lain :
1.
Menunjukkan hasil belajar yang rendah
di bawah rata-rata nilai yang dicapai oleh kelompoknya atau di bawah potensi
yang dimilikinya.
2.
Hasil yang dicapai tidak seimbang
dengan usaha yang telah dilakukan. Mungkin ada siswa yang sudah berusaha giat
belajar, tapi nilai yang diperolehnya selalu rendah
3.
Lambat dalam melakukan tugas-tugas
kegiatan belajarnya dan selalu tertinggal dari kawan-kawannya dari waktu yang
disediakan.
4.
Menunjukkan sikap-sikap yang tidak
wajar, seperti: acuh tak acuh, menentang, berpura-pura, dusta dan sebagainya.
5.
Menunjukkan perilaku yang
berkelainan, seperti membolos, datang terlambat, tidak mengerjakan pekerjaan
rumah, mengganggu di dalam atau pun di luar kelas, tidak mau mencatat
pelajaran, tidak teratur dalam kegiatan belajar, dan sebagainya.
6.
Menunjukkan gejala emosional yang
kurang wajar, seperti : pemurung, mudah tersinggung, pemarah, tidak atau kurang
gembira dalam menghadapi situasi tertentu. Misalnya dalam menghadapi nilai
rendah, tidak menunjukkan perasaan sedih atau menyesal, dan sebagainya.
1.
Masalah Belajar Burnout
1.
Pengertian Burnout
Berdasarkan hasil observasi di SMP
Negeri 1 Kawali dan wawancara dengan guru Bimbingan dan Konseling diketahui
bahwa masalah belajar yang dominan terjadi di SMP Negeri 1 Kawali adalah
masalah Burnout (kejenuhan) dalam belajar.
Burnout (kejenuhan) belajar merupakan bagian
dari jenis masalah belajar Learning Disabilities, dimana
idikatornya adalah hasil belajar yang rendah, lambat dalam melakukan
tugas-tugas kegiatan belajarnya, menunjukkan sikap-sikap yang tidak wajar,
seperti: acuh tak acuh, menentang, berpura-pura, dusta dan sebagainya,
menunjukkan perilaku yang berkelainan, seperti membolos, datang terlambat,
tidak mengerjakan pekerjaan rumah, mengganggu di dalam atau pun di luar kelas,
tidak mau mencatat pelajaran, tidak teratur dalam kegiatan belajar, dan
sebagainya.
Pines dan Aronson (Brunk, 2006)
mendefinisikan burnout sebagai kondisi emosional
seseorang, yang merasa lelah dan jenuh secara mental ataupun fisik sebagai
akibat tuntutan pekerjaan yang meningkat. Burnout selalu mempunyai
tiga komponen yaitu kelelahan fisik, kelelahan emosional, dan kelelahan mental.
Pines dan Aronson menjelaskan bahwa
beberapa indikator kelelahan fisik di antaranya sakit kepala, demam,susah
tidur, mual-mual, gelisah, dan perubahan kebiasaan makan. Sementara kelelahan
emosi ditunjukkan dengan indikasi antara lain bosan, mudah tersinggung, sering
berkeluh kesah, gampang marah, cepat tersinggung, putus asa, tertekan, dan
tidak berdaya. Adapun indikator kelelahan mental antara lain merasa tidak
berharga, rasa benci, rasa gagal, tidak peka, tidak simpatik, selalu
menyalahkan orang lain, kurang toleran, dan sebagainya.
Untuk konteks pendidikan Indonesia,
fenomena kejenuhan belajar pada siswa salah satunya dikarenakan oleh kurikulum
sekolah yang sentralistik-uniformistik. Proses ini bermula dari dengan
kewajiban pemakaian seragam, disusul dengan kewajiban-kewajiban yang lain
seperti mata pelajaran yang seragam, bahasa dan cara bicara yang seragam,
tingkah laku yang seragam, serta lama-kelamaan wajib pula isi kepala dan hati
yang seragam. Hal initentu saja sangat kontraproduktif dengan sifat alamiah
manusia, yang sangat unik dan beragam. Selain itu, kurikulum sekolah dinilai
menuntut begitu banyak dari para siswa, bahkan hal-hal yang tidak terlalu perlu
bagi mereka sehingga memberatkan mereka, menjadikan mereka jenuh, dan loyo.
2.
Upaya yang Dilakukan untuk Mengatasi Burnout
Adapun upaya yang dilakukan oleh
sekolah untuk mengatasi Burnout dalam belajar,
diantaranya :
1.
Mendorong guru untuk menggunakan strategi,
pendekatan, metode dan media pembelajaran yang bervariasi sehingga tidak
menimbulkan kejenuhan dalam belajar.
2.
Melakukan istirahat sejenak dan
menganjurkan siswa untuk menkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dengan
takaran cukup.
3.
Melakukan penjadwalan kembali jam-jam
dari hari belajar yang dianggap lebih memungkinkan siswa belajar lebih giat.
4.
Mengubah atau penataan kembali
lingkungan belajar siswa yang meliputi pengubahan posisi meja tulis, lemari,
rak buku, alat-alat perlengkapan belajar dan sebagainya sampai memungkinkan
siswa merasa berada disebuah kamar baru yang lebih menyenangkan untuk belajar.
5.
Memberikan motivasi dan stimulasi
baru agar siswa merasa terdorong untuk belajar lebih giat dari pada sebelumnya.
6.
Siswa didorong untuk berbuat nyata (tak
menyerah/ tinggal diam) dengan cara mencoba belajar dan belajar lagi.
7.
Menyampaikan informasi manfaat dari
belajar.
Belajar yang dilakukan pasti ada
manfaatnya. Dengan belajar, maka bisa memperoleh ilmu pengetahuan, bisa
menambah teman mempererat tali silaturrahmi, menambah wawasan dan pengalaman
hidup. Singkatnya, manfaat belajar yaitu untuk persiapan masa depan yang lebih
cerah semakin tahu manfaat belajar, akan semakin bersemangat untuk belajar dan
menghilangkan kejenuhan.
8.
Menciptakan suasana belajar yang
menyenangkan dan kreatif.
Suatu pekerjaan yang dilakukan dengan
perasaan senang akan menimbulkan senang. Begitu juga dengan kegiatan belajar,
apabila suasananya menyenangkan, maka akan memiliki gairah dan semangat untuk
belajar. Lama kelamaan perasaan jenuh akan terkikis dan hilang. Disamping itu,
selama melakukan kegiatan belajar, kita atau siswa juga harus kreatif. Belajar
dengan kreatif akan menimbulkan keasyikan dan kepuasan pribadi sehingga jauh
dari perasaan jenuh atau bosan.
1.
Penutup
Masalah belajar adalah suatu kondisi
tertentu yang dialami oleh murid dan menghambat kelancaran proses yang
dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru
secara keseluruhan.
Timbulnya masalah belajar pada siswa
dipengaruhi oleh dua faktor, faktor Internal (faktor-faktor yang berada pada
diri siswa itu sendiri) dan faktor eksternal (faktor-faktor yang timbul dari
luar diri individu siswa).
Jenis masalah belajar meliputi Learning Disorder, Learning Disfunction, Under Achiever,
Slow Learner, Learning Disabilities. Burnout (kejenuhan) belajar termasuk dalam kategori Learning Disabilities. Burnout merupakan kondisi
emosional seseorang, yang merasa lelah dan jenuh secara mental ataupun fisik
sebagai akibat tuntutan pekerjaan yang meningkat. Burnout
selalu mempunyai tiga komponen yaitu kelelahan fisik, kelelahan emosional, dan
kelelahan mental.
Adapun cara mengatasi Burnout dalam belajar, diantaranya menggunakan
strategi, pendekatan, metode dan media pembelajaran yang bervariasi, melakukan
istirahat dan menkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, memberikan motivasi
dan stimulasi baru kepada siswa, menyampaikan informasi manfaat dari belajar,
menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kreatif serta melakukan
pemetaan baru terhadap waktu dan tempat agar menimbulkan suasana baru yang
menyenangkan.
DAFTAR PUSTAKA
Syah, Muhibbin, 2008, Psikologi Belajar, Cetakan ke 7 (Edisi Revisi),
Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Suryabrata, Sumadi, 2005, Psikologi Pendidikan, Cetakan ke 13, Jakarta : PT.
Raja Grafindo Persada.
Endarmoko, Eko, 2006, Tesaurus Bahasa Indonesia, Jakarta : PT. Gramedia
Pustaka Utama
Dr. Mubiar Agustin, M.Pd: Konseling untuk Atasi Kejenuhan Belajar Mahasiswa
Pakar
Ilmu Pendidikan Bidang Bimbingan dan Konseling Universitas Pendidikan Indonesia
(UPI) Bandung, Jawa Barat
Sudah banyak studi yang mengkaji secara mendalam tentang kejenuhan
belajar. Namun, kebanyakan peneliti hanya mempertimbangkan aspek perbedaan
jenis kelamin, situasi, kepribadian, dan faktor emosional. Mereka jarang
melibatkan konseling akademik sebagai solusinya.
Dosen Pendidikan Guru pada Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Bandung, Jawa Barat, Dr. Mubiar Agustin, mengurai cara mengatasi kejenuhan
belajar di kalangan mahasiswa. “Kini sangat dibutuhkan tenaga andal kompetensi
konselor,” kata pria kelahiran Bandung, 28 Agustus 1977.
Berikut hasil penelitiannya untuk pembaca Majalah Qalam.
Bagaimana fenomena kejenuhan belajar yang kini
melanda kalangan mahasiswa?
Fenomena kejenuhan menjadi fenomena umum yang kerap dialami
sebagian mahasiswa selama kuliah. Kejenuhan belajar merupakan kondisi
emosional, ketika seseorang merasa lelah dan jenuh secara mental ataupun fisik.
Ini diakibatkan karena tuntutan pekerjaan terkait dengan belajar yang
meningkat.
Timbulnya kelelahan ini, karena mereka bekerja keras, merasa tidak
berdaya, merasa terjebak, ada kesedihan yang mendalam, atau merasa malu, yang
pada gilirannya akan meningkatkan rasa kesal, kelelahan fisik, mental dan
emosional.
Apa faktor utama penyebab kejenuhan ini?
Terlebih dahulu saya ingin menguraikan definisi kejenuhan belajar.
Pertama, karakteristik individu. Berupa keinginan untuk sempurna, penghargaan
diri yang rendah, ketidakmampuan mengendalikan emosi dan motif berprestasi yang
rendah.
Kedua, faktor lingkungan belajar. Berupa iklim kelas yang negatif,
kurang penghargaan dalam belajar, beban tugas belajar yang berat, konflik diri
dengan individu dalam lingkungan belajar, dan suasana belajar yang statis.
Ketiga, keterlibatan emosional dengan lingkungan belajar. Berupa
ketidakmampuan untuk asertif, terjadinya konflik peran, kurangnya dukungan
belajar, hingga perbedaan nilai pribadi.
Selanjutnya, faktor penyebab kejenuhan belajar adalah segala
sesuatu yang menyebabkan kejenuhan belajar, meliputi faktor karakteristik
mahasiswa, lingkungan belajar, dan keterlibatan emosional dengan lingkungan belajar.
Penelitian yang saya lakukan di kampus UPI Bandung ini,
ditunjukkan dengan akumulasi skor yang diperoleh mahasiswa melalui pengisian
instrumen dalam bentuk skala. Jumlah skor yang diperoleh melalui skala inilah
yang pada akhirnya akan menghasilkan data tentang faktor penyebab kejenuhan
belajar mahasiswa.
Bagaimana hasilnya?
Fenomena kejenuhan belajar di kalangan mahasiswa, tak dapat
dibiarkan begitu saja. Fakta menunjukkan, persentase mahasiswa yang mengalami
kejenuhan belajar cenderung meningkat seiring lama waktu kuliah. Semakin lama
mahasiswa kuliah, semakin berat derajat kejenuhan belajar yang akan mereka
alami.
Terkait kajian penelitian doktoral saya, sebenarnya sudah banyak
studi yang mengkaji tentang kejenuhan belajar ini. Namun, kebanyakan peneliti
hanya mempertimbangkan aspek perbedaan jenis kelamin, situasi, kepribadian, dan
emosional. Mereka jarang melibatkan konseling akademik sebagai solusinya.
Argumentasi yang Anda sodorkan untuk
memperkuat penelitian ini?
Untuk mempertahankan disertasi saya yang berjudul Model Konseling Kognitif-Perilaku untuk Menangani Kejenuhan
Belajar Mahasiswa pada 10 Agustus silam di Kampus UPI Bandung, saya
memaparkan hasil wawancara dengan para mahasiswa yang berkonsultasi pada
masalah akademik.
Hasilnya, sebagian besar mahasiswa semester lima/tingkat tiga ke
atas, umumnya mengeluh dan mengalami kejenuhan dalam belajar.
Saya mencatat banyak faktor yang memicu kejenuhan belajar.
Pertama, kesulitan mencari sumber belajar (42,5%). Kedua, kesulitan bertemu
dosen untuk berkonsultasi (28,5%). Ketiga, kesulitan menyesuaikan diri dengan
lingkungan belajar (18%). Keempat, tidak memahami materi yang diberikan dosen
(45%).
Kelima, banyak biaya untuk mengerjakan tugas kuliah (25%). Keenam,
sulit menolak ajakan teman ketika sedang belajar (16%). Ketujuh, ada masalah
akademik dengan dosen (4,5%). Kedelapan, ada masalah pribadi dengan dosen (6%).
Kesembilan, ada masalah pribadi dengan teman (10%). Kesepuluh, banyak masalah
keluarga (16,5%).
Kesebelas, banyak masalah di tempat kos (5,5%). Keduabelas,
mengalami kesulitan dalam menerjemahkan buku berbahasa asing, khususnya bahasa
Inggris dan Jepang (53,5%). Ketigabelas, kesulitan dalam membuat tugas belajar
(29,5%). Dan terakhir, kesulitan membagi waktu belajar dengan kesibukan di luar
belajar (51,5%).
Ini menggambarkan bahwa kejenuhan belajar pada mahasiswa, sudah
bukan sekadar fenomena lagi. Tapi telah menjadi masalah aktual yang perlu
segera dicarikan solusinya. Dan masalah ini harus segera ditangani dengan baik.
Upaya yang harus dilakukan secara akademis?
Salah satu upaya mengurangi kejenuhan belajar adalah konseling
akademik. Ini akan membantu mahasiswa mengatasi kesulitan belajar,
mengembangkan cara belajar efektif, serta membantu mereka supaya sukses dalam
belajar dan mampu menyesuaikan diri terhadap semua tuntutan pendidikan.
Namun diperlukan pendekatan konseling yang tepat oleh tenaga
konselor yang tepat pula. Fakta empiris tentang gejala kejenuhan belajar pada
mahasiswa dengan segenap implikasi psikologisnya, mengisyaratkan perlunya
layanan bimbingan dan konseling.
Salah satu alasan yang mendasarinya dapat ditinjau dari paradigma
baru bimbingan dan konseling. Lihatlah target populasi layanan konseling
menjadi lebih terbuka dan berada dalam berbagai tataran kehidupan seperti di
sekolah, luar sekolah, keluarga, industri dan bisnis, rumah sakit, dan lembaga
pemasyarakatan.
Khusus mahasiswa, ketersediaan tenaga konseling akademik mutlak
diperlukan. Selama ini mahasiswa merasa enggan curhat
kepada dosennya.
Berbagai kajian teoretik maupun empirik menunjukkan bahwa
konseling kognitif-perilaku sangat efektif untuk mengintervensi berbagai
gangguan psikopatologi seperti menangani kejenuhan belajar. Secara umum,
intervensi ini melibatkan proses kognitif dan perilaku dalam rangka perubahan
perilaku dan kognisi.
Kompetensi apa yang harus dimiliki tenaga
konselor?
Setidaknya para konselor pendidikan memiliki implementasi model
konseling kognitif-perilaku untuk menangani kejenuhan belajar mahasiswa.
Pertama, seorang konselor harus mampu memahami pikiran, perasaan
dan perilaku, sebagai bagian dari aktivitas belajar yang membentuk keyakinan
dasar konseling, sehingga menjadi alasan penyebab kejenuhan belajar mahasiswa.
Kedua, memahami asumsi dasar dan keyakinan utama mahasiswa yang
menjadi alasan mereka mengalami kejenuhan belajar. Ketiga, memahami dan
mengenali pola pikiran yang mengganggu mereka, dengan merancang suatu rencana
untuk membantu menyelesaikan masalah kejenuhan belajar.
Keempat, mampu menampilkan penjelasan terhadap pikiran yang
mengganggu, berdasarkan bukti-bukti yang ada, dan mencatatnya dengan keyakinan
utama dan asumsi dasar baru yang lebih positif.
Kelima, mampu merancang suatu eksperimen untuk menguji pikiran dan
perasaan yang tidak rasional. Dan, keenam, mampu memeriksa pikiran, perasaan,
tingkah laku, aspek biologis dan lingkungan mereka, guna memahami masalah
kejenuhan belajar yang dihadapi.
Adakah acuan dari struktur isi konseling yang
Anda buat itu?
Umumnya menggunakan model konseling kognitif-perilaku fleksibel,
kolaboratif dan aktif. Pada praktiknya, konseling kognitf-perilaku mengacu pada
pola “20/20/20 Rule”. Selama 20 menit pertama, fokus konseling adalah
eskplorasi terhadap kerisauan mahasiswa saat sekarang, tingkat kekhawatiran
yang sedang dialami dan pengalaman-pengalaman yang dirasakan mahasiswa saat
menghadapi kejenuhan belajar sebagai bentuk asesmen dan diagnosa awal.
Selama 20 menit kedua fokusnya adalah mendiskusikan, belajar
menjelajahi secara mendalam terhadap pikiran, emosi dan tingkah laku, sebagai
cara untuk sampai kepada pengembangan keterampilan khusus sebagai respon
terhadap masalah kejenuhan belajar yang dihadapi mahasiswa.
Selama 20 menit ketiga fokusnya adalah membangun kesepakatan
antara konselor dengan konseli tentang latihan yang dilakukan sebelum sesi
intervensi berikutnya, dan antisipasi terhadap masalah yang mungkin dihadapi
selama mencoba suatu keterampilan.
Apa manfaat yang didapat dari penelitian ini?
Secara teoretis, penelitian ini bermanfaat membantu memperkaya dan
mengembangkan khazanah teori dinamika kejenuhan belajar mahasiswa dan
melengkapi berbagai model intervensi konseling untuk mengatasi kejenuhan
belajar.
Secara praktis, hasil penelitian ini dapat dipergunakan oleh dosen
Pembimbingan Akademik (PA) sebagai rujukan dalam memberi bimbingan kepada
mahasiswa, sehingga dapat terhindar dari masalah kejenuhan belajar.
Bagi Unit Pelaksana Teknis Bimbingan dan Konseling (UPT LBK),
hasil penelitian ini dapat menjadi rujukan dalam mengembangkan kebijakan dan
fokus layanan bimbingan dan konseling. (Tata Septayuda)
Boks
Mubiar Agustin lahir di Bandung, 28 Agustus 1977. Kejeniusannya
sudah terlihat sejak kuliah dulu. Ia pernah menjadi mahasiswa teladan terbaik
pertama se-UPI (2001), meraih peringkat pertama Lomba Karya Tulis Mahasiswa
(2002), dan Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional pada tahun yang
sama.
Sejak 2003, ia telah menjadi dosen di Program Studi Pendidikan
Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan. Pendidikan sarjana
(S1) Psikologi Pendidikan dan Bimbingan ia raih dari UPI dengan predikat cumlaude (2003). Kemudian S2 (2006) pada Program Studi
Bimbingan dan Konseling, Konsentrasi Pendidikan Anak Usia Dini dengan predikat cumlaude. Dan pada 2009 ini, ia meraih Gelar Doktor
Ilmu Pendidikan dalam Bidang Bimbingan dan Konseling di kampus yang sama, juga
dengan predikat cumlaude.
Tak hanya itu, ia tercatat sebagai doktor termuda (31 tahun),
dengan masa studi tercepat (2 tahun, 10 bulan) dan meraih IPK tertinggi (3,85).
Selain mengajar, ia juga aktif menulis artikel di Harian Umum Pikiran Rakyat (PR), dan beberapa buku. Di antaranya
buku Mengenali dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan
Jamak Anak Usia TK/RA (2008), dan menjadi editor buku Prof Dr
Rochman Natawidjaja berjudul Integritas Pribadi dan Karya
Pendidikan, Penelitian, Bimbingan dan Konseling dalam Dimensi Kesejagatan
(2005).
Mubiar juga aktif menjadi narasumber acara Ruang Keluarga di Radio Kandaga, Bandung, dan menjadi
juri pemilihan Mojang dan Jajaka Kabupaten Bandung tahun 2005 dan 2006. (Tata
Septayuda)
0 komentar:
Posting Komentar