Selasa, 03 April 2012

BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK


Oleh : Ajeng Ariningsun (101014243)

BIMBINGAN KELOMPOK

1.      DASAR PEMIKIRAN
ERA          - INFORMASI
-    REFORMASI
-    GLOBALIASASI
-    PERTAMBAHAN PENDUDUK YANG SANGAT CEPAT
-    TEKNOLOGI

AKIBAT   - KEKERASAN
-    PELANGGARAN
-    PENCURIAN
-    KENAKALAN
-    PEMALSUAN
-    KORUPSI
-    KEMALASAN/KEMISKINAN
-    PENGGUNAAN OBAT TERLARANG

UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI DAN PEMAHAMAN – LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK
2.      PENGERTIAN
BIMBINGAN KELOMPOK MERUPAKAN SALAH SATU JENIS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING YANG DIBERIKAN KEPADA SEJUMLAH ORANG ATAU BEBERAPA ORANG DENGAN MEMANFAATKAN DINAMIKA KELOMPOK UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI DAN PEMAHAMAN BARU DARI TOPIK YANG DIBAHASNYA.

3.      TUJUANNYA
-          UNTUK PENGEMBANGN POTENSI DIRI/KEPRIBADIAN, ANTARA LAIN BERANI MENGEMUKAKAN PENDAPAT DIMUKA UMUM, BERANI MENANGGAPI PENDAPAT ORANG LAIN, MAMPU BERTENGGANG RASA, BERANI MENYAMPAIKAN IDE DAN PENGALAMANNYA,SERTA DAPAT MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT
-          MEMPEROLEH INFORMASI DAN PEMAHAMAN BARU DARI TOPIK YANG DIBAHASNYA DALAM BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN

4.      FUNGSI
- PEMAHAMAN
-    PENGEMBANGAN

5.      ASAS-ASAS                   
KESUKARELAAN      1. Setiap anggota klp diharap secara sukarela menyampaikan pendapat tanpa paksaan
KETERBUKAAN            2. Agar keg klp ini menjadi dinamis diharapkan anggota u/ lebih terbuka artinya segala sesuatu yg kerkait di   hati
KEGIATAN                  Partisipasi anda sngat diharapkan agar kegiatan menjadi lebih bermaknadan diharapkan dalam penyampaian,ide,
KENORMATIFAN      pendapat , pengalaman dengan gaya bebas dan nada yang menyenangkan dengan tidak menyudutkan anggota klp.
KERAHASIAN           Apabila dlm pembicaraan nantinya ada kaitan dg kehidupan seseorang diharap semua anggota klp u/ dpt merahasiakannya.


6.      MEDIA
DINAMIKA KELOMPOK   Buat skenario tahap pembentukan

7.      METODE
-          DISKUSI DAN TANYA JAWAB
-          PEMBAHASAN MASALAH

8.      SASARAN
-          SISWA ASUH 150 ORANG DI SEKOLAH
-          WARGA SEKOLAH LAINNYA
-          REMAJA, PEMUDA, KARYAWAN
-          MASYARAKAT PADA UMUMNYA
9.      MATERI
TOPIK/PERSOALAN UMUM DI LUAR DIRI PRIBADI, YANG PERNAH DILIHAT, DIDENGAR,DIBACA DARI BERBAGAI MEDIA MASA, YANG BERKAITAN DENGAN BIDANG PENGEMBANGAN PRIBADI, SOSIAL BELAJAR, KARIR, BERKELUARGA DAN BERAGAMA

10.  PEMBENTUKAN ANGGOTA KELOMPOK
-          JUMLAH ANGGOTA KELOMPOK MAKSIMAL 10 ORANG
-          PEMBENTUKANNYA : 1) SECARA SEDERHANA
      2) DENGAN PERSYARATAN  (LEBIH RASIONAL)

11.  PELAKSANAANNYA
MELALUI 4 TAHAP:     1. PEMBENTUKAN
                                          2. PERALIHAN
                                          3. KEGIATAN
                                          4. PENGAKHIRAN
                                                                 
12.  EVALUASI
WAKTU PENILAIAN:
-     LAISEG
-          LAIJAPEN
-          LAIJAPANG
( ADA FORMAT)
      UNSUR YANG DINILAI :
-          PARTISIPASI
-          KOMITMEN
-          KEMAMPUAN
-          PERUBAHAN SIKAP, TINGKAH LAKU

HASIL YANG DIPEROLEH ANGGOTA:
- UNDERSTANDING           : PENGERTIAN/PEMAHAMAN BARU
- COMFORT                          : PERASAAN SENANG/NYAMAN
- ACTION                              : PELAKSANAAN KEGIATAN




KONSELING KELOMPOK

1.        DASAR PEMIKIRAN
ERA          - INFORMASI
a. REFORMASI
b.GLOBALIASASI
c. PERTAMBAHAN PENDUDUK YANG SANGAT CEPAT
d.                  TEKNOLOGI

AKIBAT   - BANYAK ORANG BERMASALAH
e. BAHKAN STRESS
f. TERMASUK REMAJA – SISWA

      BUTUH LAYANAN
g.EFEKTIF
h.EFISIEN
      ANTARA LAIN
i.  KONSELING KELOMPOK

2.      PENGERTIAN
KONSELING KELOMPOK MERUPAKAN SALAH SATU JENIS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING YANG DIBERIKAN KEPADA SEJUMLAH ORANG ATAU BEBERAPA ORANG DENGAN MEMANFAATKAN DINAMIKA KELOMPOK UNTUK PENGENTASAN MASALAH PRIBADI MASING-MASING ANGGOTA KELOMPOK

3.      TUJUANNYA
    1. UNTUK PENGEMBANGN POTENSI DIRI/KEPRIBADIAN, ANTARA LAIN BERANI MENGEMUKAKAN PENDAPAT DIMUKA UMUM, BERANI MENANGGAPI PENDAPAT ORANG LAIN, MAMPU BERTENGGANG RASA, BERANI MENYAMPAIKAN IDE DAN PENGALAMANNYA,SERTA DAPAT MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT
    2. UNTUK PENGENTASAN MASALAH PRIBADI MASING-MASING ANGGOTA KELOMPOK

4.      FUNGSI
- PENGENTASAN MASALAH
a. PENGEMBANGAN POTENSI

5.      ASAS-ASAS       
      KERAHASIAAN           
KESUKARELAAN      1. Setiap anggota klp diharap secara sukarela menyampaikan pendapat tanpa paksaan
KETERBUKAAN            2. Agar keg klp ini menjadi dinamis diharapkan anggota u/ lebih terbuka artinya segala sesuatu yg kerkait di hati
KEGIATAN                 Partisipasi anda sngat diharapkan agar kegiatan menjadi lebih bermaknadan diharapkan dalam penyampaian,ide,
KENORMATIFAN      pendapat , pengalaman dengan gaya bebas dan nada yang menyenangkan dengan tidak menyudutkan anggota klp.
                                      Apabila dlm pembicaraan nantinya ada kaitan dg kehidupan seseorang diharap semua anggota klp u/ dpt merahasiakannya.

6.      MEDIA
DINAMIKA KELOMPOK   Buat skenario tahap pembentukan

7.      METODE
    1. DISKUSI DAN TANYA JAWAB
    2. ANALISIS DAN PEMECAHAN MASALAH

8.      SASARAN
    1. SISWA ASUH 150 ORANG DI SEKOLAH
    2. WARGA SEKOLAH LAINNYA
    3. REMAJA, PEMUDA, KARYAWAN
    4. MASYARAKAT PADA UMUMNYA

9.      MATERI
MASALAH PRIBADI YANG MENGGANGGU PIKIRAN, PERASAN, KEMAUAN, BAHKAN MENGGANGGUNAKTIVITAS SEHARI-HARI YANG BERKAIATAN DENGAN BIDANG PENGEMBANGAN PRIBADI, SOSIAL, BELAJAR, KARIR, KELUARGA DAN BERAGAMA.
10.  PEMBENTUKAN ANGGOTA KELOMPOK
    1. JUMLAH ANGGOTA KELOMPOK MAKSIMAL 10 ORANG
    2. PEMBENTUKANNYA : 1) SECARA SEDERHANA
      2) DENGAN PERSYARATAN  (LEBIH RASIONAL)

11.  PELAKSANAANNYA
MELALUI 4 TAHAP:     1. PEMBENTUKAN
                                          2. PERALIHAN
                                          3. KEGIATAN
                                          4. PENGAKHIRAN
                                                                 
12.  EVALUASI
WAKTU PENILAIAN:
-     LAISEG
    1. LAIJAPEN
    2. LAIJAPANG
( ADA FORMAT)
      UNSUR YANG DINILAI :
    1. PEMAHAMAN
    2. BERKURANGNYA MASALAH
    3. SELF-CONSEPT
    4. PENGENTASAN MASALAH

HASIL YANG DIPEROLEH ANGGOTA:
- UNDERSTANDING           : PENGERTIAN/PEMAHAMAN BARU
- COMFORT                          : PERASAAN SENANG/NYAMAN
- ACTION                              : PELAKSANAAN KEGIATAN




1 komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
Teman-teman kami bilang kami ini kembar, padahal kenyataannya jauh berbeda. Kesamaan kami hanyalah kami sama-sama wanita, kami berasal dari daerah yang sama, kami dalam kelas yang sama, dan huruf awal nama kami sama-sama 'A".