Oleh : Ajeng Ariningsun (101014243)
1. DASAR PEMIKIRAN
ERA - INFORMASI
-
REFORMASI
-
GLOBALIASASI
-
PERTAMBAHAN PENDUDUK YANG SANGAT CEPAT
-
TEKNOLOGI
AKIBAT - KEKERASAN
-
PELANGGARAN
-
PENCURIAN
-
KENAKALAN
-
PEMALSUAN
-
KORUPSI
-
KEMALASAN/KEMISKINAN
-
PENGGUNAAN OBAT TERLARANG
UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI DAN
PEMAHAMAN – LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK
2. PENGERTIAN
BIMBINGAN
KELOMPOK MERUPAKAN SALAH SATU JENIS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING YANG
DIBERIKAN KEPADA SEJUMLAH ORANG ATAU BEBERAPA ORANG DENGAN MEMANFAATKAN
DINAMIKA KELOMPOK UNTUK MEMPEROLEH INFORMASI DAN PEMAHAMAN BARU DARI TOPIK YANG
DIBAHASNYA.
3. TUJUANNYA
-
UNTUK PENGEMBANGN POTENSI DIRI/KEPRIBADIAN, ANTARA LAIN
BERANI MENGEMUKAKAN PENDAPAT DIMUKA UMUM, BERANI MENANGGAPI PENDAPAT ORANG
LAIN, MAMPU BERTENGGANG RASA, BERANI MENYAMPAIKAN IDE DAN PENGALAMANNYA,SERTA
DAPAT MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT
-
MEMPEROLEH INFORMASI DAN PEMAHAMAN BARU DARI TOPIK YANG
DIBAHASNYA DALAM BERBAGAI ASPEK KEHIDUPAN
4. FUNGSI
- PEMAHAMAN
-
PENGEMBANGAN
5. ASAS-ASAS
KESUKARELAAN 1. Setiap
anggota klp diharap secara sukarela menyampaikan pendapat tanpa paksaan
KETERBUKAAN
2. Agar keg klp ini menjadi dinamis
diharapkan anggota u/ lebih terbuka artinya segala sesuatu yg kerkait di hati
KEGIATAN Partisipasi
anda sngat diharapkan agar kegiatan menjadi lebih bermaknadan diharapkan dalam
penyampaian,ide,
KENORMATIFAN pendapat ,
pengalaman dengan gaya
bebas dan nada yang menyenangkan dengan tidak menyudutkan anggota klp.
KERAHASIAN Apabila
dlm pembicaraan nantinya ada kaitan dg kehidupan seseorang diharap semua
anggota klp u/ dpt merahasiakannya.
6. MEDIA
DINAMIKA KELOMPOK Buat skenario tahap pembentukan
7. METODE
-
DISKUSI DAN TANYA JAWAB
-
PEMBAHASAN MASALAH
8. SASARAN
-
SISWA ASUH 150 ORANG DI SEKOLAH
-
WARGA SEKOLAH LAINNYA
-
REMAJA, PEMUDA, KARYAWAN
-
MASYARAKAT PADA UMUMNYA
9. MATERI
TOPIK/PERSOALAN UMUM DI LUAR DIRI
PRIBADI, YANG PERNAH DILIHAT, DIDENGAR,DIBACA DARI BERBAGAI MEDIA MASA, YANG
BERKAITAN DENGAN BIDANG PENGEMBANGAN PRIBADI, SOSIAL BELAJAR, KARIR,
BERKELUARGA DAN BERAGAMA
10. PEMBENTUKAN ANGGOTA KELOMPOK
-
JUMLAH ANGGOTA KELOMPOK MAKSIMAL 10 ORANG
-
PEMBENTUKANNYA : 1) SECARA SEDERHANA
2) DENGAN PERSYARATAN (LEBIH RASIONAL)
11. PELAKSANAANNYA
MELALUI 4 TAHAP: 1. PEMBENTUKAN
2.
PERALIHAN
3.
KEGIATAN
4.
PENGAKHIRAN
12. EVALUASI
WAKTU PENILAIAN:
- LAISEG
-
LAIJAPEN
-
LAIJAPANG
( ADA FORMAT)
UNSUR YANG
DINILAI :
-
PARTISIPASI
-
KOMITMEN
-
KEMAMPUAN
-
PERUBAHAN SIKAP, TINGKAH LAKU
HASIL YANG DIPEROLEH ANGGOTA:
- UNDERSTANDING :
PENGERTIAN/PEMAHAMAN BARU
- COMFORT :
PERASAAN SENANG/NYAMAN
- ACTION :
PELAKSANAAN KEGIATAN
KONSELING KELOMPOK
1.
DASAR
PEMIKIRAN
ERA - INFORMASI
a. REFORMASI
b.GLOBALIASASI
c. PERTAMBAHAN
PENDUDUK YANG SANGAT CEPAT
d.
TEKNOLOGI
AKIBAT - BANYAK ORANG BERMASALAH
e. BAHKAN
STRESS
f. TERMASUK
REMAJA – SISWA
BUTUH LAYANAN
g.EFEKTIF
h.EFISIEN
ANTARA LAIN
i. KONSELING
KELOMPOK
2. PENGERTIAN
KONSELING
KELOMPOK MERUPAKAN SALAH SATU JENIS LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING YANG
DIBERIKAN KEPADA SEJUMLAH ORANG ATAU BEBERAPA ORANG DENGAN MEMANFAATKAN
DINAMIKA KELOMPOK UNTUK PENGENTASAN MASALAH PRIBADI MASING-MASING ANGGOTA
KELOMPOK
3. TUJUANNYA
- UNTUK PENGEMBANGN POTENSI DIRI/KEPRIBADIAN, ANTARA LAIN BERANI MENGEMUKAKAN PENDAPAT DIMUKA UMUM, BERANI MENANGGAPI PENDAPAT ORANG LAIN, MAMPU BERTENGGANG RASA, BERANI MENYAMPAIKAN IDE DAN PENGALAMANNYA,SERTA DAPAT MENGEMBANGKAN BAKAT DAN MINAT
- UNTUK PENGENTASAN MASALAH PRIBADI MASING-MASING ANGGOTA KELOMPOK
4. FUNGSI
- PENGENTASAN MASALAH
a. PENGEMBANGAN
POTENSI
5. ASAS-ASAS
KERAHASIAAN
KESUKARELAAN 1. Setiap
anggota klp diharap secara sukarela menyampaikan pendapat tanpa paksaan
KETERBUKAAN 2.
Agar keg klp ini menjadi dinamis diharapkan anggota u/ lebih terbuka artinya
segala sesuatu yg kerkait di hati
KEGIATAN Partisipasi anda sngat diharapkan agar kegiatan menjadi
lebih bermaknadan diharapkan dalam penyampaian,ide,
KENORMATIFAN pendapat ,
pengalaman dengan gaya
bebas dan nada yang menyenangkan dengan tidak menyudutkan anggota klp.
Apabila dlm pembicaraan nantinya ada kaitan dg
kehidupan seseorang diharap semua anggota klp u/ dpt merahasiakannya.
6. MEDIA
DINAMIKA KELOMPOK Buat skenario tahap pembentukan
7. METODE
- DISKUSI DAN TANYA JAWAB
- ANALISIS DAN PEMECAHAN MASALAH
8. SASARAN
- SISWA ASUH 150 ORANG DI SEKOLAH
- WARGA SEKOLAH LAINNYA
- REMAJA, PEMUDA, KARYAWAN
- MASYARAKAT PADA UMUMNYA
9. MATERI
MASALAH PRIBADI YANG MENGGANGGU
PIKIRAN, PERASAN, KEMAUAN, BAHKAN MENGGANGGUNAKTIVITAS SEHARI-HARI YANG
BERKAIATAN DENGAN BIDANG PENGEMBANGAN PRIBADI, SOSIAL, BELAJAR, KARIR, KELUARGA
DAN BERAGAMA.
10. PEMBENTUKAN ANGGOTA KELOMPOK
- JUMLAH ANGGOTA KELOMPOK MAKSIMAL 10 ORANG
- PEMBENTUKANNYA : 1) SECARA SEDERHANA
2) DENGAN PERSYARATAN (LEBIH RASIONAL)
11. PELAKSANAANNYA
MELALUI 4 TAHAP: 1. PEMBENTUKAN
2.
PERALIHAN
3.
KEGIATAN
4.
PENGAKHIRAN
12. EVALUASI
WAKTU PENILAIAN:
- LAISEG
- LAIJAPEN
- LAIJAPANG
( ADA FORMAT)
UNSUR YANG
DINILAI :
- PEMAHAMAN
- BERKURANGNYA MASALAH
- SELF-CONSEPT
- PENGENTASAN MASALAH
HASIL YANG DIPEROLEH ANGGOTA:
- UNDERSTANDING :
PENGERTIAN/PEMAHAMAN BARU
- COMFORT :
PERASAAN SENANG/NYAMAN
- ACTION :
PELAKSANAAN KEGIATAN
si kembar ^^
BalasHapus