Oleh : Anjar Raharyanti (101014056)
LEMBAR JAWABAN PTSDL SD
Nama :
Kelas :
Petunjuk
Baca dan
pertimbangkan semua butir pernyaan berikut dan silahlah pada salah satu huruf
TP, KD, SR, SL untuk setiap nomor.
Keterangan : SL : Selalu
SR : Sering
KD : Kadang-kadang
TP : Tidak Pernah
No
|
Pernyataan
|
SL
|
SR
|
KD
|
TP
|
1
|
Tugas
pekerjaan rumah(PR) yang diberikan guru tidak saya pahami
|
||||
2
|
Untuk
mengikuti pelajaran besok harinya saya mengulangi pelajaran sebelumnya
|
||||
3
|
Pelajaran
yang diterangkan guru tidak jelas
|
||||
4
|
Pelajaran
yang diterangkan giru tidak berurutan
|
||||
5
|
Saya
tidak mengerti dengan pelajaran yang diberikan guru karena pelajaran
sebelumnya tidak saya pahami
|
||||
6
|
Pelajaran
yang diberikan guru terlalu sukar
|
||||
7
|
Soal-soal
ujian/ulangan tidak dapat saya kerjakan karena belum pernah saya pelajari
|
||||
8
|
Nilai
ujian/ulangan tidak dapat saya kerjakan karena belum pernah saya pelajari
|
||||
9
|
Kalau
saya tidak masuk sekolah saya meminjam dan mempelajari buku catatan teman
|
||||
10
|
Saya
membaca terlebih dahulu bahan pelajaran yang akan diajarkan guru
|
||||
11
|
Di
dalam kelas saya suka bertanya kepada guru
|
||||
12
|
Dalam
ujian/ulangan saya suka bertanya atau melihat jawaban teman
|
||||
13
|
Dalam
ujian/ulangan saya membantu teman menjawab soal-soal ujian/ulangan
|
||||
14
|
Saya
senang tidak belajar karena guru tidak hadir
|
||||
15
|
Saya
menanyakan kepada guru tentang hasil ujian langsung atau PR saya yang
nilainya rendah
|
||||
16
|
Saya
mencatat hal-hal penting dari isi bacaan yang saya pelajari
|
||||
17
|
Di
dalam kelas saya ingin duduk di bagian depan
|
||||
18
|
Saya
kekurangan waktu untuk belajar
|
||||
19
|
PR
saya tidak dapat saya selesaikan karena petunjuknya tidak jelas
|
||||
20
|
PR
saya tidak dapat saya selesaikan karena buku sumbernya tidak ada
|
||||
21
|
PR
saya tidak dapat saya selesaikan karena kekurangan waktu
|
||||
22
|
Saya
malas mengerjakan PR karena hasilnya tidak diperiksa oleh guru
|
||||
23
|
Saya
tidak dapat menyelesaikan PR saya karena di rumah tidak ada yang membantu
mengerjakannya
|
||||
24
|
Dalam
belajar saya membuat pertanyaan-pertanyaan dan menjawabnya semdiri
|
||||
25
|
Saya
mendiskusikan dengan teman-teman bahan-bahan yang saya pelajari
|
||||
26
|
Saya
tidak dapat menyelesaikan ujian/ulangan karena soalnya terlalu banyak
|
||||
27
|
Soal-soal
ujian terlalu sulit
|
||||
28
|
Saya
kurang mempersiapkan diri untuk ujian/ulangan
|
||||
29
|
Saya
kekurangan waktu mempersiapkan diri untuk ujian/ulangan
|
||||
30
|
Saya
tidak dapat menjawab soal ujian/ulangan dengan baik karena saya tidak
mengerti cara menjawabnya
|
||||
31
|
Saya
tidak dapat menjawab soal ujian/ulangan dengan baik karena saya kurang
hti-hati/ceroboh
|
||||
32
|
Buku
dan alat belajar lainnya saya atur dengan rapi
|
||||
33
|
Buku-buku
yang saya pelajari banyak yang tidak saya mengerti
|
||||
34
|
Saya
suka belajar bersama (kelompok)
|
||||
35
|
Dalam
belajar di kelas saya diganggu teman
|
||||
36
|
Dalam
belajar di kelas saya sering mengganggu teman
|
||||
37
|
Dalam
belajar saya kurang cermat dan tidak membaca buku seluruh buku pelajaran
|
||||
38
|
Saya
menyiapkan buku-buku, alat-alat tulis dan keperluan lainnya sebelum berangkat
ke sekolah
|
||||
39
|
Saya
melakukan kegiatan belajar sesuai jadwal yang dibuat
|
||||
40
|
Saya
tidak memanfaatkan buku dan alat pelajaran yang ada di sekolah
|
||||
41
|
Saya
lambat membaca
|
||||
42
|
Dalam
belajar saya mudah terganggu oleh suara-suara bising atau suara suara tidak
menentu
|
||||
43
|
Dalam
belajar saya takut ditanya atau diberi tugas oleh guru
|
||||
44
|
PR
saya kerjakan sekedar selesai saja
|
||||
45
|
Jawaban
ujian/ulangan yang dikembalikan guru saya pelajari kembali
|
||||
46
|
Saya
terlambat datang ke sekolah
|
||||
47
|
Sebelum
pelajaran berlangsung saya menyiapkan pertanyaan untuk disampaikan kepada
guru
|
||||
48
|
Saya
senang membantu teman dalam belajar
|
||||
49
|
Saya
meninggalkan kegiatan belajar karena mengikuti ajakan teman
|
||||
50
|
Saya
lambat dalam memulai belajar
|
||||
51
|
Catatan
pelajaran saya tidak lengkap
|
||||
52
|
Catatan
pelajaran saya banyak yang tidak dapat saya pahami
|
||||
53
|
Saya
tidak dapat membaca kembali catatan pelajaran saya karena tidak rapi
|
||||
54
|
Saya
tidak membaca kembali catatan pelajaran saya
|
||||
55
|
Saya
mengalami kesulitan mengemukakan pendapat secara tertulis
|
||||
56
|
Tidak
dapat menggunakan kamus
|
||||
57
|
Waktu
belajar kurang karena harus membantu orang tua
|
||||
58
|
Ruangan
dan peralatan tulis di rumah cukup baik
|
||||
59
|
Saya
mengalami kesulitan dalam mendapatkan buku-buku pelajaran yang diperlukan
|
||||
60
|
Saya
mengalami kesulitan menyiapkan ujian/ulangan karena tidak memiliki buku-buku pelajaran
yang diperlukan
|
||||
61
|
Saya
kekurangan buku untuk mencatat pelajaran
|
||||
62
|
Pelajaran
saya terganggu karena tidak dapat membayar iuran sekolah
|
||||
63
|
Semangat
belajar saya menurun karena keadaan sekolah/kelas kurang baik
|
||||
64
|
Semangat
belajar saya menurun keadaan keuangan orang tua saya tidak mencukupi
|
||||
65
|
Untuk
mencukupi kekurangan buku pelajaran saya berusaha belajar bersama teman-teman
|
||||
66
|
Berpikir-pikir
untuk mendapatkan bantuan dari orang tua asuh
|
||||
67
|
Alat-alat
pelajaran selain buku yang saya miliki tidak mencukupi
|
||||
68
|
Takut
menghadapi ujian/ulangan
|
||||
69
|
Mudah
lelah dalam belajarmudah bosan dalam belajar
|
||||
70
|
Bingung
memikirkan nilai ujian/ulangan yang rendah
|
||||
71
|
Tidak
dapat mengikuti kegiatan sekolah yang saya senangi
|
||||
72
|
Meskipun
merasa bosan saya tetap berusaha mengikuti pelajaran dengan baik
|
||||
73
|
Meskipun
tidak menyukai guru, saya tetap mengikuti pelajaran
|
||||
74
|
Dalam
belajar saya terganggu oleh perasaan sedih atau murung
|
||||
75
|
Saya
sering mengantuk dalam kelas
|
||||
76
|
Waktu
belajar sering terbuang karena bermain, nonton TV, mendengarkan radio dan
mengobrol tak menentu
|
||||
77
|
Kurang
memahami kegunaan pelajaran yang diikuti
|
||||
78
|
Saya
berpikir-pikir untuk berhenti sekolah
|
||||
79
|
Dalam
mengikuti ujian/ulangan saya bekerja sendiri
|
||||
80
|
Merasa
kurang mampu menamatkan sekolah ini
|
||||
81
|
Lebih
senang tidak masuk sekolah bila ada hal lain yang ingin saya lakukan
|
||||
82
|
Merasa
sehat untuk belajar
|
||||
83
|
Bersemangat
untuk belajar
|
||||
84
|
Kecewa
bila tidak dapat masuk sekolah
|
||||
85
|
Hubungan
dengan guru kurang baik
|
||||
86
|
Saya
merasa guru tidak memahami keinginan-keinginan murid
|
||||
87
|
Saya
melalaikan pelajaran karena tidak senang kepada gurunya
|
||||
88
|
Lingkungan
belajar di sekolah menyenangkan
|
||||
89
|
Lingkungan
belajar di rumah menyenangkan
|
||||
90
|
Hubungan
dengan teman-teman mendorong semangat saya dalam belajar
|
||||
91
|
Saya
sukar belajar di rumah karena terlalu banyak orang
|
||||
92
|
Orang
tua mendorong agar saya giat belajar
|
||||
93
|
Suasana
kelas tidak tenang untuk belajar
|
||||
94
|
Letak
rumah yang jauh dari sekolah melemahkan semangat dalam belajar
|
||||
95
|
Guru-guru
menyukai murid dalam belajar
|
||||
96
|
Berpikir-pikir
untuk mendapatkan bantuan dari orang tua asuh
|
Selamat Pagi, maaf saya mau tanya, referensi lembar AUM PTSDL darimana ya kak? Terima kasih :)
BalasHapus